Orientasi Maba Pascasarjana IAIN Po. T.A. 2019-2020

kuliah+S2

Orientasi Mahasiswa Baru 2019

Program magister adalah program pendidikan pascasarjana yang menciptakan lulusan yang memiliki kapabilitas mengembangkan dan memutakhirkan iptek, keterampilan penerapannya, kemampuan problem solving di bidangnya melalui kegiatan research and development berdasarkan kaidah ilmiah, dan mempunyai kapabilitas mengembangkan kinerja profesionalnya yang ditunjukkan dengan ketajaman analisis, keserbacukupan tinjauan, serta kepaduan pemecahan masalah atau profesi yang serupa.Berdasar hal di atas, program pascasarjana paling tidak mempunyai tiga karakteristik utama: merupakan pendidikan lanjut (advanced), terfokus (concentrated) dan bersifat cendekia (scholarly). Gambaran idealitas sebagaimana terumuskan dalam naskah akademik ini ternyata dirasakan masih jauh dari kenyataan. Pelaksanaan pembelajaran di Pascasarjana masih terkesan formalitas, utamanya dari sisi mahasiswa. Kuliah di Pascasarjana seakan hanya mengejar status social-akademik atau untuk meningkatkan karir di tempat mereka berkerja.

Berdasar hal di atas, memberikan pembekalan awal kepada mahasiswa baru Pascasarjana menjadi urgen. Pembekalan yang dimaksud tentu tidak sekedar memberikan motivasi belajar, akan tetapi juga memberikan pengenalan tradisi akademik yang seharusnya dijalani dalam pendidikan program S2. Pengenalan tradisi akademik akan diberikan dalam konteks yang general maupun pengenalan prodi yang menjadi pilihan mahasiswa. Pengenalan tradisi akademik yang general meliputi: integritas akademik, pengenalan perpustakaan dan sumber referensi, tata kelola penulisan karya tulis ilmiah, pengenalan lingkungan kampus dan sebagainya.

Orientasi mahasiswa baru akan dilaksanakan pada hari Kamis – Jum’at, tanggal 22-23 Agustus 2019. Silakan download Surat Edaran dan Jadwal di bawah ini:

  1. Surat Edaran;
  2. Schedule Kegiatan.