Pascasarjana IAIN Ponorogo Kerjasama dengan BALITBANG Provinsi Jawa Timur Gelar FGD”Strategi Pengembangan Industri Kreatif Lintas Sektor Di Kabupaten Ponorogo”

Kamis, 30 September 2021, Pascasarjana menggelar FGD Penelitian Pengembangan “Strategi Pengembangan Industri Kreatif Lintas Sektor di Kabupaten Ponorogo”. Penelitian pengembangan ini merupakan hasil tindak lanjut kerja sama yang dilakukan oleh IAIN Ponorogo dengan Provinsi Jawa Timur dalam hal ini adalah Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Timur. Kegiatan FGD ini dihadiri oleh Tim Balitbang Provinsi Jawa Timur, pimpinan IAIN Ponorogo, dan juga dihadiri oleh tamu undangan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo, Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Kabupaten Ponorogo, Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Mikro (Perdakum) Kabupaten Ponorogo, lembaga keuangan dan komunitas pengrajin kulit yang ada di Ponorogo. FGD Strategi pengembangan Industri Kreatif Lintas Sektor di Kabupaten Ponorogo terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama Pembukaan dan sesi kedua FGD Penelitian Pengembangan.

Pada sesi pembukaan, Rektor IAIN Ponorogo, Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag. dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Balitbang Provinsi Jawa Timur atas kepercayaan dan kerja sama yang terjalin selama ini. Dalam kesempatan ini pula Rektor IAIN Ponorogo juga menyampaikan semoga ke depan kerja sama semacam ini bisa berkembang ke fakultas lain yang ada di IAIN Ponorogo. Pada kesempatan yang sama Kepala Bidang Teknologi dan Inovasi Provinsi Jawa Timur, Suwanto menyampaikan bahwasanya riset yang saat ini dikehendaki pemerintah adalah riset yang mengimplementasikan teknologi, tidak hanya dalam sebuah konsep atau idea concept paper (ICP).

Pada sesi kedua, FGD dipimpin oleh Cokro Wibowo Sumarsono, M.Si. yang bertugas mendampingi dua narasumber dari Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Mikro Kabupaten Ponorogo Deny Kurniawan, S.T. dan Sunardi, M.Pd. dari SMKN 1 Pacitan yang merupakan satu-satunya SMK yang memiliki jurusan kerajinan kulit. Pada sesi ini, setiap peserta FGD dimintai gagasan dan saran dalam mengembangkan industri kreatif khususnya kerajinan kulit yang ada di Ponorogo. Semoga ke depan, berawal dari FGD Strategi Pengembangan Industri Kreatif Lintas Sektor di Kabupaten Ponorogo yang diadakan Pascasarjana IAIN Ponrogo bisa semakin berkembang sehingga bisa menjadi salah satu ciri khas dari Kabupaten Ponorogo.