Pascasarjana IAIN Ponorogo Gelar Workshop Penulisan Artikel Kolaboratif

Kamis (25/11) – Pascasarjana IAIN Ponorogo mengadakan event bagi para dosen Pascasarjana yaitu “Workshop Penulisan Artikel Kolaboratif”. Acara ini diselenggarakan di Lantai 2 Hall Hotel Gajah Mada Ponorogo selama dua hari (25 s/d 26 November 2021), dengan narasumber Dr.Choirul Mahfud S.Pd.I., M.Pd.I.dosen Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Acara ini diikuti oleh 45 peserta yang berasal tidak hanya para dosen dari internal Pascasarjana IAIN Ponorogo, namun juga oleh diikuti dosen kampus lain diantaranya dari  Kampus Institut Agama Islam Sunan Giri (INSURI) Ponorogo, Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin (IAIRM) Ngabar Ponorogo.

Direktur Pascasarjana IAIN Ponorogo, Dr. Miftahul Huda, M.Ag menyampaikan bahwa saat ini Pascasarjana IAIN Ponorogo telah menjalin MoU dengan beberapa kampus lain agar dapat terjalin kerjasama dalam penguatan kelembagaan dan Tri Dharma perguruan tinggi. Lebih jauh disampaikan bahwasanya terselenggaranya acara “Workshop Penulisan Artikel Kolaboratif” bertujuan untuk meningkatkan kompetensi bagi dosen dalam penilitian, yang diharapkan dapat terpubiklasi pada jurnal internasional.

Tak kalah pentingnya Dr. Mukhibat, M.Ag Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan IAIN Ponorogo menyampaikan bahwa dosen adalah penyebar pengetahuan dan pengembang penelitian. Penguatan penulisan karya ilmiah harus terus digalakkan dalam mendukung pengembangan dan Tri Dharma perguruan tinggi. Aspek pragmatis dari karya ilmiah adalah sebagai salah satu instrumen pendukung akreditasi. Penulisan dalam karya ilmiah dengan jalan kolaborasi dirasa solusi dalam melakukan penelitian jika dirasa terlalu berat bila dilakukan secara individu. “Tugas utama dosen adalah meneliti, sedangkan mengajar adalah tugas tambahan dan Pascasarjana haruslah menjadi gawang dalam publikasi ilmiah.” tutur Dr. Mukhibat, M.Ag diakhir sambutannya.

Atmosfir kegiatan hari itu sangat meriah dan serius. Para dosen banyak yang mencatat hal penting tentang penulisan jurnal internasional yang layak dan baik. Dalam prosesnya setelah materi selesai banyak dosen yang mengangkat tangan untuk bertanya, dan diskusi dengan narasumber.