Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Akselerasi Publikasi Ilmiah Mahasiswa, Pascasarjana IAIN Ponorogo Menyelenggarakan Coaching Counseling Penulisan Artikel Kependidikan

Sebagai perguruan tinggi yang tanggap dengan pentingnya terbitan ilmiah, pascasarjana IAIN Ponorogo menyelenggarakan “Coaching Counseling Penulisan Artikel Kependidikan” (10/03/2022) dengan menggandeng pemateri dari UIN Sunan Kalijaga. Pemateri kali ini yaitu Dr. Imam Machali, M.Pd. Beliau merupakan Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sekaligus Editor in Chief Jurnal di bidang Pendidikan Islam. Kegiatan ini dimulai pukul 08.00-16.00 yang terbagi ke dalam 4 sesi.

Acara diawali dengan Pembukaan oleh Direktur Pascasarjana IAIN Ponorogo, Dr. Miftahul Huda, M.Ag. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa acara ini sangatlah penting dalam mengantarkan kebijakan pascasarjana, bahwa setiap mahasiswa nantinya harus mempunyai tulisan yang terpublish, syukur jika tidak hanya dari tesis, namun juga makalah kelas dan penelitian kolaboratif dosen. Terlebih jika submit ke artikel jurnal tidak hanya jurnal terakreditasi SINTA, melainkan juga lolos jurnal internasional. Selain itu, Pascasarjana juga telah menyiapkan 2 jurnal untuk mahasiswa, yaitu Excelencia, Jelhum, dan Muslim Heritage yang sudah terakreditasi SINTA 3. Ada juga publikasi antologi, sebagai skenario lain untuk penerbitan. Penerbitan ini ditujukan guna memperkuat khasanah keilmuan dan sumbangsih lebih luas sesuai prodi. Beliau menambahkan harapannya untuk mahasiswa agar memastikan proses penulisan artikel sesuai prosedur sehingga mencapai visi target yang diinginkan. Acara dilanjutkan dengan pembacaan doa kemudian penyampaian materi.

Materi pertama, diawali dengan penelusuran sumber informasi melalui berbagai database jurnal dan ebook. Dengan memperoleh sumber informasi relevan sesuai bidang ilmu, maka akan memperkaya tulisan mahasiswa. Selanjutnya, materi dilanjutkan dengan pengelolaan referensi menggunakan manajemen referensi Mendeley. Reference manager mempunyai dua fungsi utama yaitu mengelola referensi penelitian dan membuat referensi/bibliografi, sehingga dapat mempermudah pencarian literatur, menyimpan referensi maupun penulisan sitasi sesuai format tertentu.

Sesi materi selanjutnya yaitu mengenai strategi menulis karya ilmiah meliputi etika penulisan karya ilmiah, alur penelitian serta siklus ide penelitian. Adapun langkah-langkah menulis di jurnal, juga dijelaskan terkait gaya penulisn, menyusun latar belakang dan alur penulisan artikel jurnal. Tidak hanya itu, pemateri juga memberikan best practice dalam hal menulis serta motivasi kepada mahasiswa. Mahasiswa mengikuti materi dengan antusias, disertai dengan praktik dan tanya jawab. Sebagai tindak lanjut dari coaching counseling ini, peserta mengumpulkan draft artikel paling lambat 2 minggu setelah coaching artikel selesai. (ed.Dwi)

Berita Terkait