Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Workshop Penulisan Artikel Kolaboratif Dosen Pascasarjana IAIN Ponorogo

Workshop Penulisan Artikel Kolaboratif Dosen Pascasarjana IAIN Ponorogo diselenggarakan pada hari Jumat sampai Minggu, bertepatan dengan tanggal 5-7 Agustus 2022. Acara yang diadakan Pascasarjana IAIN Ponorogo ini dilaksanakan di Hotel Bintang, Tawangmangu, Jawa Tengah. Workshop Artikel Kolaboratif ini menghadirkan pemateri dari Rumah Scopus yaitu Dr. Jumintono Suwardi Joyo Sumarto, M.Pd. dan Nurcahyono, S.P, M.Si.

   

Peningkatkan publikasi karya ilmiah, mutlak diperlukan dalam meningkatkan peran dan kontribusi perguruan tinggi pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Publikasi juga merupakan amanat dari Permenristekdikti No. 44 tahun 2015. Adapun workshop penulisan artikel kolaboratif dosen Pascasarjana dilaksanakan untuk membekali dosen dengan keterampilan menulis ilmiah serta mendorong publikasi ilmiah. Pengetahuan metodologis terkait penelitian harus selalu di-update agar tidak ketinggalan dengan perkembangan yang ada, karena hakikatnya ilmu selalu mengalami perkembangan dengan sangat cepat. Selain itu, kegiatan ini juga dilaksanakan untuk mendorong peningkatan publikasi ilmiah dosen IAIN Ponorogo pada jurnal international.

Kegiatan workshop diawali dengan sambutan Direktur Pascasarjana IAIN Ponorogo Dr. Miftahul Huda, M.Ag. yang dalam sambutannya beliau menyampaikan harapannya agar melalui kegiatan ini dapat meningkatkan publikasi dosen utamanya untuk publish ke jurnal internasional terakreditasi. Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber mengenai Scopus, yang mana dikenal sebagai basis data abstrak dan sitasi terbesar dari literatur yang telah melalui tahapan peer-review baik berupa jurnal ilmiah, buku, dan prosiding konferensi. Scopus juga dapat memberikan gambaran komprehensif tentang hasil penelitian dunia di bidang sains, teknologi, kedokteran, ilmu sosial, serta seni dan humaniora serta memiliki fitur yang memungkinkan pengguna memiliki alat pintar untuk melacak, menganalisis, dan memvisualisasikan penelitian.

Selain membahas pengenalan terkait Scopus, pemateri juga membagikan tahapan, komponen serta anatomi penulisan artikel ilmiah. Peserta yang telah mempunyai draft artikel pun kemudian berbagi pengalaman untuk dibahas bersama. Pemateri tidak hanya memberikan ilmu mengenai substansi penulisan, namun juga dari segi teknis penelusuran referensi, menambahkan referensi melalui software reference manager, praktik digital writing meliputi translate, sitasi dan paraphrase.

Setelah melalui tahapan penulisan artikel dan praktik tahapan di atas, peserta dikenalkan dengan teknik menemukan target jurnal tujuan serta memahami author guideline. Dengan mengetahui target jurnal tersebut, maka langkah selanjutnya yaitu menyesuaikan artikel dengan template jurnal yang dituju. Pemateri pun memberikan kiat-kiat untuk submit paper, diantaranya yaitu memperhatikan kesesuaian scope jurnal yang dituju, mensitasi referensi sumber terbaru kategori Q1 dan Q2, menggunakan anatomi artikel yang tepat, kolaborasi ahli serta mengikuti author guideline jurnal.

  

Kegiatan ini ditutup dengan sambutan Direktur Pascasarjana IAIN Ponorogo, Dr. Miftahul Huda, M.Ag. yang dalam sambutannya beliau menyampaikan harapannya bahwa ikhtiar dalam penerbitan artikel Scopus belumlah usai, oleh karena itu, ke depan diperlukan tindak lanjut dengan program serupa baik dari institut atau fakultas sehingga penerbitan artikel dapat lebih produktif. Selain itu, juga diperlukan kolaborasi menulis secara bertahap untuk kemudian dapat submit artikel.

 

Berita Terkait