Yudisium Pascasarjana Semester Gasal Tahun Akademik 2022/2023

Rabu, 23 November 2022 telah berlangsung kegiatan Yudisium Pascasarjana IAIN Ponorogo Semester Gasal Tahun Akademik 2022/2023. Pada agenda ini, Keputusan Direktur tentang Yudisium Pascasarjana IAIN Ponorogo Semester Gasal Tahun Akademik 2022/2023 dibacakan oleh Kasubag Akademik Pascasarjana, Bapak Sirojudin Ahmad, S.Ag., M.H. Pada kegiatan yudisium ini dihadiri oleh Kabiro, Direktur, Kaprodi dan tenaga kependidikan Program Pascasarjana IAIN Ponorogo.

Kegiatan yudisium bertempat di Aula Pascasarjana IAIN Ponorogo ini menandai kelulusan sejumlah 24 mahasiswa, terdiri dari 5 mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah, 12 mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Islam, 6 mahasiswa Prodi Hukum Keluarga Islam, dan 1 mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab. Melalui agenda yang disiarkan secara Live Streaming di Official Facebook Pascasarjana IAIN Ponorogo ini juga diberikan penghargaan bagi Lulusan Terbaik Semester Gasal Tahun Akademik Tahun 2022/2023 kepada Rina Puji Rahayu, ME. (Prodi Ekonomi Syariah) dengan Indeks Prestasi 3,76.

Pada sambutannya, Direktur Pascasarjana Bapak Muh. Tasrif, M.Ag. menyampaikan beberapa poin penting mengenai perlunya menjadi magister yang open minded, sehingga bisa berdialog dengan disiplin ilmu lain. Selain itu, memiliki cara pandang yang moderat dan dapat memilih pilihan terbaik dari pilihan yang ada serta memiliki kemampuan dan kemauan dalam menghormati adanya perbedaan keyakinan. Kemampuan adaptasi kekayaan kultural, juga diperlukan karena kultur bukanlah lawan, namun media untuk mengamalkan agama sehingga agama bisa mengadaptasi kultur yang sudah ada. Perlu diketahui pula, bahwa agama bukanlah unsur negara, dengan demikian menyikapi adanya keragaman perlu adanya komitmen kebangsaan. Salah satu indikator moderasi beragama, ketika terjadi persoalan sosial di lingkup masyarakat, maka orang yang moderat sebisa mungkin tidak menyelesaikannya dengan kekerasan namun secara berdialog. Secara singkat, uraian tersebut dapat dinyatakan “scientifically integrative, religiously moderat”. Tak lupa, ucapan selamat dan sukses juga disampaikan Direktur Pascasarjana dalam menandai kelulusan mahasiswa ini. Para peserta setelah melalui yudisium, sudah tidak lagi menjadi mahasiswa namun alumni Pascasarjana IAIN Ponorogo. Namun demikian, alumni diharapkan dapat bergabung pada organisasi alumni tersebut, sehingga dapat memberikan feedback masukan yang lebih baik di masa yang akan datang.