PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB

VISI MISI TUJUAN SERTA SASARAN

PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB PASCASARJANA IAIN PONOROGO

 

Visi Program Studi                       

Menjadi Program Magister Pendidikan Bahasa Arab yang unggul dan kompetitif dalam pengembangan metodologi pembelajaran Bahasa Arab berskala nasional pada tahun 2022

 

Misi Program Studi

 

1.    Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab pada tingkat magister yang unggul dan kompetitif.

2.    Mengembangkan kemampuan penelitian dalam bidang Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab dengan pendekatan multidisipliner .

3.    Mengembangkan kemampuan teoritis dan praktis dalam bidang Teknologi Pembelajaran Bahasa Arab berbasis Informasi dan Teknologi (IT).

4.    Mengembangkan desain pendampingan peningkatan mutu pembelajaran Bahasa Arab di semua jenjang lembaga pendidikan berbasis research and development.

5.    Mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri, guna peningkatan dan pengembangan Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab.

 

 

 

Tujuan Program Studi

1.    Terselenggaranya pendidikan dan pengajaran dalam bidang Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab pada tingkat magister yang unggul dan kompetitif.

2.    Terwujudnya penelitian dalam bidang Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab dengan pendekatan multidisipliner .

3.    Terwujudnya desain Teknologi Pembelajaran Bahasa Arab berbasis Informasi dan Teknologi (IT) yang efektif dan efisien.

4.    Terselenggaranya program pendampingan peningkatan mutu pembelajaran Bahasa Arab di semua jenjang lembaga pendidikan berbasis research and development.

5.    Terjalinnya kerjasama dengan berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri, guna peningkatan dan pengembangan Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab.

 

Sasaran dan Strategi Pencapaian

Sasaran:

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Program Pascasarjana IAIN Ponorogo mempunyai sasaran sebagai berikut:

1. a. Meningkatnya kemampuan Tenaga Pendidik dalam melaksanakan proses pembelajaran.
b. Terselenggaranya proses pembelajaran level magister yang bermutu dan berbasis riset.
2 a. Terwujudnya hasil-hasil penelitian yang bermutu dalam bidang Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab dengan pendekatan multidisipliner
b. Terpublikasikannya hasil penelitian dalam jurnal nasional maupun internasional.
3. Terciptanya Teknologi dan media Pembelajaran Bahasa Arab berbasis Informasi dan Teknologi (IT) yang efektif dan efisien.
4. a. Meningkatnya kemampuan research and development dosen dan mahasiswa dalam bidang pembelajaran bahasa Arab
b. Meningkatnya mutu pembelajaran bahasa Arab di semua jenjang lembaga pendidikan melalui program pendampingan.
5. Terjalinnya kerjasama dengan berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri, guna peningkatan dan pengembangan Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab.

Strategi Pencapaian:

Berdasarkan pada Rencana Induk Pengembangan (RIP) IAIN Ponorogo, Rencana Strategis (Renstra) Pascasarjana, Rencana Operasional (Renop) Pascasarjana dan Program Studi, maka program studi Magister Pendidikan Bahasa Arab menetapkan pencapaian sasaran melalui dua tahap.

Pertama adalah tahap teaching university tahun 2018 dan kedua tahap excellent teaching university tahun 2022.

Tahap pertama teaching university tahun 2018:

1.   Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI).

2.   Implementasi proses pembelajaran berdasarkan kurikulum SNPT berbasis KKNI.

3.   Menyelenggarakan kegiatan (forum) ilmiah berskala nasional untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidik.

4.   Menyelenggarakan kegiatan ekstra untuk penguatan penelitian dalam bidang metodologi pembelajaran Bahasa Arab dengan pendekatan multidisipliner.

5.   Menyelenggarakan pendampingan dan pemberian hibah penulisan publikasi berskala nasional.

6.   Menyelenggaran training penguasaan multimedia dalam rangka menghasilkan produk media pembelajaran Bahasa Arab berbasis Informasi dan Teknologi (IT).

7.   Mengarahkan jenis penelitian mahasiswa berbasis research and development.

8.   Menyelenggarakan program pendampingan peningkatan mutu pembelajaran Bahasa Arab di lembaga pendidikan Islam dalam wilayah kabupaten Ponorogo dan sekitarnya.

9.   Membangun jaringan penelitian dan pengabdian dengan kementerian terkait dan lembaga pendidikan Islam.

 

Tahap Kedua excellent teaching university tahun 2022:

1.   Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI).

2.   Monitoring dan Evaluasi (Monev) secara berkala terhadap proses pembelajaran berdasarkan kurikulum SNPT berbasis KKNI.

3.   Menyelenggarakan kegiatan (forum) ilmiah berskala internasional untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidik.

4.   Menyelenggarakan kegiatan kerjasama penelitian antar perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri dalam bidang metodologi pembelajaran Bahasa Arab dengan pendekatan multidisipliner.

5.   Menyelenggarakan pendampingan dan pemberian hibah penulisan publikasi berskala nasional dan internasional.

6.   Menyelenggaran program pendampingan dan pemberian hibah dalam rangka menghasilkan produk media pembelajaran Bahasa Arab berbasis Informasi dan Teknologi (IT).

7.   Memberikan hibah untuk mendapatkan HAKI dan paten dari produk media pembelajaran Bahasa Arab berbasis Informasi dan Teknologi (IT).

8.   Mewujudkan Madrasah Model Pembelajaran Bahasa Arab jenjang Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah.

9.   Membangun jaringan penelitian dan pengabdian dengan lembaga pemberi hibah baik dalam maupun luar negeri.