Ujian Masuk Pascasrjana IAIN Ponorogo Dilaksanakan secara Luring

Pascasarjana IAIN Ponorogo menyelenggarakan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Gelombang I tahun akademik 2021/2022 selama 2 hari berturut-turut, 28-29 April 2021 secara luring bertempat di Gedung Pascasarjana IAIN Ponorogo. Ujian dilaksanakan sesuai protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.

  1. Jaga kebersihan tangan

Wajib membersihkan tangan dengan cairan pencuci tangan atau hand sanitizer, apabila permukaan tangan tidak terlihat kotor. Namun, apabila tangan kotor maka cukup menggunakan sabun dan air mengalir. Cara mencucinya pun harus sesuai dengan standar yang ada, yakni meliputi bagian dalam, punggung, sela-sela, dan ujung-ujung jari.

  1. Jangan menyentuh wajah

Dalam kondisi tangan yang belum bersih, sebisa mungkin hindari menyentuh area wajah, khususnya mata, hidung, dan mulut. Mengapa? Tangan kita bisa jadi terdapat virus yang didapatkan dari aktivitas yang kita lakukan, jika tangan kotor ini digunakan untuk menyentuh wajah, khususnya di bagian yang sudah disebutkan sebelumnya, maka virus dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh.

  1. Terapkan etika batuk dan bersin

Ketika kita batuk atau bersin, tubuh akan mengeluarkan virus dari dalam tubuh. Jika virus itu mengenai dan terpapar ke orang lain, maka orang lain bisa terinfeksi virus yang berasal dari tubuh kita. Terlepas apakah kita memiliki virus corona atau tidak, etika batuk dan bersin harus tetap diterapkan. Caranya, tutup mulut dan hidung menggunakan lengan atas bagian dalam. Bagian ini dinilai aman menutup mulut dan hidung dengan optimal, selain itu bagian lengan atas dalam ini tidak digunakan untuk beraktivitas menyentuh wajah. Sehingga relatif aman. Selain dengan lengan, bisa juga menutup mulut dan hidung menggunakan kain tisu yang setelahnya harus langsung dibuang ke tempat sampah.

  1. Pakai masker

Bagi Anda yang memiliki gejala gangguan pernapasan, kenakanlah masker medis ke mana pun saat Anda keluar rumah atau berinteraksi dengan orang lain. Setelah digunakan (masker medis hanya bisa digunakan 1 kali dan harus segera diganti), jangan lupa buang masker di tempat sampah yang tertutup dan cuci tangan setelah itu. Namun, bagi Anda yang tidak memiliki gejala apapun, cukup gunakan masker non-medis, karena masker medis jumlahnya lebih terbatas dan diprioritaskan untuk mereka yang membutuhkan.

  1. Jaga jarak

Untuk menghindari terjadinya paparan virus dari orang ke orang lain, kita harus senantiasa menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter. Terlebih, jika orang tersebut menunjukkan gejala gangguan pernapasan. Jaga jarak juga dikenal dengan istilah physical distancing. Kita dilarang untuk mendatangi kerumunan, meminimalisir kontak fisik dengan orang lain, dan tidak mengadakan acara yang mengundang banyak orang.

Mekanisme PMB dimulai dari mahasiswa mendaftar melalui laman website http://pmbpasca.iainponorogo.ac.id/ lalu akan mendapatkan nomor peserta. Calon mahasiswa akan diminta mengisikan pilihan jurusan yang diinginkan dan Selanjutnya akan diproses untuk dapat mengikuti tahapan seleksi.

Materi seleksi penerimaan mahasiswa baru terdiri dari tiga aspek: Pertama ialah Bahasa Inggris. Kedua ialah Bahasa Arab, dan yang ketiga adalah Tes Potensial Akademik (TPA). Selain tiga aspek tersebut para calon mahasiswa akan mengikuti tahapan tes berikutnya yaitu wawancara. Keseluruhan proses seleksi ini dilaksanakan secara luring, dengan demikian tetap menggunakan protokol kesehatan yang ketat.

Tujuan diadakannya seleksi ini merupakan cara terbatas untuk mengukur kemampuan para calon mahasiswa. Lain dari pada itu juga dijadikan sebagai media untuk menilai berapa jauh  pengetahuan  dikuasai dan ketrampilan yang sudah diperoleh dari para calon mahasiswa.