Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Ujian Internal Calon Mahasiswa Program Beasiswa Peningkatan Kualifikasi S-2 Guru Madrasah Diniyah Jawa Timur Tahun 2021 di Pascasarjana IAIN Ponorogo Berlangsung sesuai Protokol Covid-19

Ujian masuk internal calon mahasiswa program beasiswa peningkatan kualifikasi S-2 bagi guru Madrasah Diniyah merupakan test masuk bagi calon mahasiswa yang diselenggarakan oleh pihak kampus. Ujian internal ini dilaksanakan sesuai jadwal secara serempak se Jawa Timur. Di Pascasarjana IAIN Ponorogo, ujian dilaksanakan dalam dua hari, Sabtu dan Ahad, tanggal 3 dan 4 Juli 2021 mulai pukul 08.00 sampai pukul 11.45 Wib. Materi ujian untuk hari pertama adalah Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, sedangkan hari kedua adalah TPA (Test Potensi Akademik) dan wawancara. Peserta ujian berjumlah 57 orang yang dibagi dalam 6 kelas sesuai protokol covid-19 di mana setiap ruangan hanya diperuntukkan bagi setengah kapasitasnya, bahkan kurang. Selain itu, sebelum peserta memasuki ruangan, petugas sudah memastikan suhu tubuh mereka normal dan mencuci tangan menggunakan sabun dan atau hand sanitizer yang sudah disiapkan oleh panitia. Tentu saja masker wajib selalu dipakai sepanjang waktu selama berada di lingkungan kampus IAIN Ponorogo. Alhamdulillah, ujian terlaksana sesuai protokol covid-19.

Seperti tahun sebelumnya, yaitu pereode pertama tahun 2019, peminat program beasiswa peningkatan kualifikasi S-2 untuk guru Madin tahun 2021 ini tetap ramai. Peserta berasal dari Madrasah Diniyah di wilayah Ponorogo dan sekitarnya, seperti Madiun, Ngawi, Magetan, dan Pacitan. Tahun 2021 ini, pelamar yang mencatatkan akunnya di web PMB Pascasarjana berjumlah 104 orang. Dari 104 orang pelamar tersebut sebanyak 87 orang peserta memastikan diri melakukan proses selanjutnya, mendaftarkan diri sebagai peserta calon penerima beasiswa dengan melengkapi berbagai persyaratan baik yang ditetapkan oleh Pemprov Jawa Timur sebagai pemberi beasiswa maupun oleh pihak penyelenggara, yaitu Pascasarjana IAIN Ponorogo. Sesuai hasil seleksi administrasi yang dilakukan oleh Panitia internal, terdapat 57 calon peserta yang dinyatakan lulus administrasi dan diundang untuk mengikuti proses selanjutnya. Pengumuman hasil seleksi administrasi ini dipublikasi pada laman web resmi Pascasarjana IAIN Ponorogo

Setelah menyelesaikan tahapan pertama, calon peserta yang dinyatakan lulus seleksi administratif dan ujian internal akan diumumkan hasilnya dua hari setelahnya, Selasa, 6 Juli 2021. Peserta yang lulus selanjutnya akan diusulkan kepada LPPD Pemprov Jawa Timur sebagai calon penerima beasiswa peningkatan kualifikasi S2 guru Madin angkatan ke-2 tahun 2021/2022. Sesuai jadwal yang sudah ditetapkan oleh Pemprov Jatim, ujian eksternal oleh LPPD Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 6-7 Agustus 2021. Ujian eksternal diselenggarakan untuk mengukur kemampuan calon peserta dalam membaca kitab “Fathul Muin”. Hasil ujian eksternal menentukan 20 orang calon peserta yang akan mendapatkan bantuan beasiswa program peningkatan kualifikasi guru Madrasah Diniyah Pomprov Jawa Timur tahun 2021 di Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana IAIN Ponorogo.

Perlu diinformasikan, Pascasarjana IAIN Ponorogo telah mewisuda 20 Guru Madin peserta program beasiswa angkatan pertama, angkatan tahun 2019/2020. Hal yang membanggakan adalah sebanyak 25 persen di antara mereka dinyatakan lulus dengan predikat cumlaude. Tentu hal ini tidak lepas dari usaha yang dilakukan oleh pemberi beasiswa dan penyelenggaara. Akhirnya, segenap pengelola Pascasarjana IAIN Ponorogo mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Jawa Timur, Ibu Khofifah Indar Parawansa dan seluruh jajarannya khususnya LPPD Pemprov Jatim atas kerjasama yang dijalin. Semoga usaha baik untuk meningkatkan kualitas guru madrasah diniyah membuahkan hasil dan manafaat yang besar bagi kemajuan Madrasah Diniyah khususnya di Jawa Timur.

Berita Terkait