Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

PMB Gelombang 2 Pascasarjana IAIN Ponorogo Berlangsung secara Daring Diikuti oleh 104 Peserta

Penerimaan Mahasiswa Baru Pascasarjana IAIN Ponorogo Gelombang 2 berlangsung saat situasi bangsa ini masih diliputi pandemic covid-19 yang lagi marak. Keadaan ini meniscayakan pelayanan Panitia PMB kepada calon mahasiswa diberikan secara daring untuk meminimalisir penularan virus khususnya di wilayah Ponorogo dan sekitarnya. Pelayanan online harus dilakukan sesuai kebijakan Pemerintah yang memutuskan untuk memperluas cakupan daerah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat lantaran kasus Covid-19 melonjak tinggi. Dari yang awalnya hanya di Jawa dan Bali, diperluas ke 15 kabupaten/kota di luar Jawa-Bali.

Layanan online diberikan untuk melayani pendaftar gelombang 2 yang berjumlah 138 orang calon mahasiswa. Dari jumlah tersebut yang berhasil diverifikasi oleh admin sebanyak 104 orang pendaftar terdiri dari 23 orang calon mahasiswa Program Magister Ekonomi Syariah, 27 orang Prodi Ahwal Syakhsiyyah, 43 orang Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), dan 11 orang Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Layanan online diberikan melalui web PMB Pascasarjana IAIN Ponorogo tahun 2021 https://pmbpasca.iainponorogo.ac.id/home

Hari ini, 13 Juli 2021 sedang berlangsung ujian masuk yang dilaksanakan sampai tanggal 14 Juli 2021. Dalam satu hari dibagi menjadi dua sesi, sesi 1 dimulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 09.30 WIB dan Sesi 2 dimulai pukul 09.45 sampai 11.15 WIB. Adapun materi ujian hari pertama adalah Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, sedangkan materi ujian hari kedua adalah Test Potensi Akademik dan Wawancara. Keempat materi ujian tersebut memiliki bobot penilaian yang tidak sama, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris masing-masing 25 persen, Test Potensi Akademik 40 persen, dan wawancara 10 persen. Nilai ujian diakumulasikan dari persentase tersebut.

Sesuai keterangan dari Wahid Hariyanto, M.Pd. sebagai penyedia layanan online ujian masuk PMB Pascasarjana IAIN Ponorogo tahun 2021/2022, ujian online menggunakan fasilitas google form. Adapun langkah yang bisa dilakukan untuk mengakses soal sebagai berikut:

  1. Pengerjaan bisa memakai laptop atau hp dengan jaringan internet yang stabil.
  2. Untuk membuka soal bisa tinggal klik tautan soal yang akan dibagikan nanti.
  3. Untuk mengakhiri pengerjaan klik submit/kirim yang terletak pada bagian bawah dari soal.
  4. Perhatian, selalu pantau waktu pengerjaan. Jangan sampai mengumpulkan (submit/kirim) jawaban melebihi batas yang ditentukan. Sesi 1 dimulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 09.30 WIB. Sesi 2 dimulai pukul 09.45 sampai 11.15 WIB.
  5. Untuk mengetahui jawaban Anda sudah tersimpan, setelah klik submit/kirim akan muncul notifikasi pada layar “Jawaban Anda Sudah Tersimpan”.

CATATAN:

Jika melebihi jam tersebut jawaban Anda tidak akan tersimpan, dan sistem akan secara otomatis tertutup.

Syukur alhamdulillah pada suasana pandemi yang serba sulit ini Pascasarjana IAIN Ponorogo masih bisa memberikan pelayanan akademik secara maksimal dan nyatanya masih diminati oleh calon mahasiswa. Gelombang pertama tahun ini 2021/2022 berhasil meluluskan 42 (empat puluh dua) calon mahasiswa ditambah 20 orang calon mahasiswa program beasiswa madin yang sudah diumumkan terlebih hadulu dan gelombang kedua yang jumlahnya hampir tiga kali lebih banyak. Tentu saja peningkatan animo masyarakat terhadap Pascasarjana IAIN Ponorogo menjadi peluang dan sekaligus tantangan untuk menjadi institusi yang lebih baik di masa yang akan datang sesuai slogan Nobility, Novelty, and Solution yang dicanangkan oleh Direktur, Dr. Miftahul Huda sesaat setelah dilantik

CALON MAHASISWA YANG TERVERIFIKASI

DATA TERVERIFIKASI PMB PASCA2_12-07-2021

PEMBAGIAN KELOMPOK WAWANCARA

PEMBAGIAN WAWANCARA

PETUNJUK TEKNIS PENGERJAAN UJIAN DARING

PETUNJUK PENGERJAAN UJIAN DARING

 

Berita Terkait