Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Dijemput sebagai Guest Lecture di Negeri Jiran, Dosen Pascasarjana IAIN Ponorogo Membentangkan Paper “Sistem Pendidikan Islam di Indonesia”

Dalam rangka menjalin kerjasama internasional, pekan ini Tim Humas Pascasarjana, Anis Afifah, M.Pd. berkesempatan membersamai Dr. Evi Muafiah, M.Ag, Dosen Pascasarjana IAIN Ponorogo untuk melakukan  lawatan ke Negeri Jiran Malaysia. Ada dua kegiatan yang dilakukan, pertama membersamai Dr Evi Muafiah, M.Ag menghadiri undangan Learning Center Permai Malaysia untuk menjadi pemateri pada Guest Lecture dengan tema Sistem Pendidikan Islam di Indonesia dan Malaysia pada Kamis 26 Januari 2023. Forum ini dihadiri oleh mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan Master dan Doktoral di Unuversitas Sains Malaysia.

Dalam kesempatan tersebut, Dr Evi Muafiah, M,Ag memaparkan tentang  bagaimana Pendidikan Islam di Indonesia dari tingkat pendidikan dasar hingga Pendidikan tinggi. Beliau memaparkan bagaimana upaya lembaga pendidikan Islam dalam mengantisipasi radikalisme, yang dilakukan melalui penerapan nilai-nilai toleransi dan penanaman karakter berdasarkan ajaran agama Islam.  Pemateri selanjutnya disampaikan oleh Ustaz Mohammad Fadzil selaku Direktur Madrasah Uthmaniah dan Ketua Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) Penang Malaysia. Beliau memaparkan tentang bagaimana pendidikan Islam diinternalisasi di Madrasah Uthmaniah salah satunya dengan melakukan integrasi pembelajaran sains dan agama dalam bentuk Pendidikan Kompetensi Al Hikmah. Pendidikan tersebut dilakukan dengan pendekatan pembelajaran terintegrasi dan diterapkan di semua level pendidikan di Malaysia.

Adapun agenda kedua dalam lawatan ini, Dr. Evi Muafiah bersama Tim Humas Pascasarjana melaksanakan rencana kerjasama dengan tim Center for Islamic Development Management Studies (ISDEV) University Sains Malaysia. Pada kesempatan ini kedua belah pihak secara bergantian memaparkan profil dan program lembaga dengan tujuan untuk mengenal satu dengan yang lain. Bersama dengan ISDEV sebagai salah satu penyelenggara program Magister dan Doktor di Universitas Sains Malaysia, Pascsarjana IAIN Ponorogo berencana untuk melakukan Memorandum of Agreement untuk kegiatan yang memfalisitasi terwujudnya Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen dan mahasiswa pascasarjana. Salam dari negri jiran. (kontributor: A Afifah)

Berita Terkait