Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Tiga Dosen Senior Pascasarjana IAIN Ponorogo Paparkan Kajian Moderasi Beragama di Hadapan Ratusan Peserta Seminar

Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang menghadirkan enam narasumber yang ekspert di bidang moderasi beragama. Tiga diantaranya adalah dosen senior Pascasarjana IAIN Ponorogo pada gelaran Ekspos Produk Akademik dan Seminar Penguatan Moderasi Beragama di Graha Watoe Dhakon IAIN Ponorogo. Ketiga dosen tersebut pertama Prof. Dr. Abdul Mun’im M.Ag, Dosen Prodi Magister Hukum Keluarga Islam; kedua  Dr. Mukhibat, M.Ag., Dosen Prodi Magister Manajemen Pendidikan Islam; dan ketiga Dr. Basuki, M.Ag., Dosen Prodi Magister Pendidikan Agama Islam. Gelaran akademik yang dilaksanakan pada tanggal 21-23 Februari 2023 tersebut merupakan wujud kerjasama IAIN Ponorogo dengan Balai Litbang Agama Semarang yang dilakukan dalam bentuk seminar dan ekspos produk akademik oleh kedua belah pihak.

Seminar hari pertama dibuka dengan paparan keynote speaker Sekretaris Badan Litbang dan Diklat Republik Indonesia Bpk H. Muhrom, Ph.D. dilanjutkan pemaparan oleh tiga narasumber. Yaitu pertama Dr. Syafi’i, M.Ag. Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Teknis Administrasi Badan Litbang dan Diklat Agama RI, kedua Prof. Dr. Muhsin Jamil, M.Ag. Guru Besar Pemikiran Islam UIN Semarang, dan Ketiga Prof. Dr. Syamsul Ma’arif, M.Ag. Guru Besar Ilmu Pendidikan Islam UIN Semarang. Dr. Syafi’i memaparkan tentang regulasi dan posisi Kementerian Agama untuk penguatan moderasi beragama, Prof. Muhsin Jamil memaparkan tentang teoritical framework moderasi beragama, dan  Prof. Syamsul Ma’arif memaparkan tentang bahaya radikalisme pada masyarakat Indonesia dan upaya pencegahannya.

Gelaran seminar hari kedua mengusung tema Penguatan Moderasi Beragama di PTKIN. Dihadapan ratusan peserta seminar yang terdiri dari kerawan, dosen dan mahasiswa, Prof. Abdul Mun’im memaparkan tentang pengertian moderasi, metode dan sumber-sumber moderasi dari khasanah keagamaan yang dikontekstualisasikan dengan konteks ke-Indonesia-an. Bertindak sebagai narasumber kedua, Dr. Mukhibat, M.Ag memaparkan tentang strategi pengarusutamaan pendidikan moderasi beragama melalui pengajaran, seminar dan workshop.  Sembilan nilai moderasi beragama yaitu Tawassuth, I’tidal, Tasamuh, Syura, Ishlah, Muwathanah, Qudwah, La’unf, dan Urf dipaparkan secara interaktif oleh Dr. Basuki, M.Ag. Sembilan nilai tersebut ke depan akan dikaji lebih dalam dengan bersumber kitab-kitab referensi oleh Rumah Moderasi Beragama IAIN Ponorogo.

Bagi Anda yang dua hari tersebut belum mendapat kesempatan untuk hadir, simak rekamannya di Channel Youtube Humas  IAIN Ponorogo di Link berikut :

Hari ke 1 : https://www.youtube.com/live/jsM0XoGoWP4?feature=share

Hari ke 2 : https://www.youtube.com/live/JeHV7TaEBsU?feature=share

(Kontributor: A Afifah)

sumber dok: Humas IAIN Ponorogo

 

 

 

 

Berita Terkait