Ponorogo, 22 April 2025 —Dalam rangka memperkuat komitmen terhadap penyelenggaraan pendidikan yang bermutu dan selaras dengan dinamika perkembangan zaman, Program Studi di lingkungan Pascasarjana IAIN Ponorogo, yang terdiri dari Program Studi S3 Studi Islam, S2 Ekonomi Syariah, S2 Hukum Keluarga Islam, S2 Manajamen Pendidikan Islam, S2 Pendidikan Bahasa Arab dan S2 Pendidikan Agama Islam secara resmi menyerahkan Dokumen Kurikulum berbasis Outcome-Based Education (OBE) kepada Direktur Pascasarjana IAIN Ponorogo, Prof. Dr. Muh. Tasrif, M.Ag., pada Selasa pagi (22/04), bertempat di Ruang Munaqosyah Lantai 2 Gedung Pascasarjana.
Serah Terima Kurikulum OBE Prodi S2 Manajemen Pendidikan Islam
oleh Dr. Hj. Elfi Yuliani Rochmah bersama Afni Ma’rufah, M.Pd. kepada Direktur
Serah Terima Kurikulum OBE Prodi S2 Hukum Keluarga Islam
oleh Dr. Hj. Rohmah Maulidia, M.Ag. bersama Mansur Azis, Lc., M.S.I. kepada Direktur
Serah Terima Kurikulum OBE Prodi S2 Ekonomi Islam oleh Dr. Amin Wahyudi, M.E.I. kepada Direktur
Serah Terima Kurikulum OBE Prodi S2 Pendidikan Agama Islam
oleh Dr. Sugiyar, M.Pd.I. bersama Anis Afifah, M.Pd. kepada Direktur
Dalam sambutannya, Prof. Dr. Muh. Tasrif, M.Ag. menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kerja keras dan dedikasi tim pengembang kurikulum. Beliau menekankan bahwa kurikulum berbasis OBE merupakan langkah strategis untuk mencetak lulusan yang tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga relevan dan adaptif terhadap dinamika masyarakat serta kebutuhan dunia kerja di tingkat global.
“Dokumen ini menjadi salah satu peninggalan yang baik dari para pengelola Pascasarjana, khususnya periode 2021–2025. Kami berharap kurikulum ini dapat menjadi landasan kuat dalam proses pembelajaran dan riset, serta berkontribusi secara signifikan terhadap kemajuan Pascasarjana IAIN Ponorogo secara keseluruhan, ujar beliau.
Serah Terima Kurikulum OBE Prodi S2 Pendidikan Bahasa Arab
oleh Zahrul Fata, Ph.D. bersama Rizka Eliyana Mashlihah, M.Pd. kepada Direktur
Kurikulum OBE ini disusun dengan mengacu pada Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Tahun 2024 yang diterbitkan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Perancangan kurikulum tersebut menitikberatkan pada pencapaian learning outcomes secara holistik yang mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap profesional. Kurikulum tersebut mengintegrasikan pendekatan interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner, serta dirancang untuk menghasilkan lulusan yang berkompetensi sebagai akademisi, peneliti, dan intelektual muslim utama yang memiliki kapabilitas global.
Setelah diserahkannya dokumen ini, menandai kesiapan Program Pascasarjana IAIN Ponorogo untuk memasuki fase implementasi kurikulum secara menyeluruh, termasuk penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), penyelarasan capaian pembelajaran lulusan (CPL), dan penguatan instrumen penjaminan mutu akademik. Implementasi ini juga diharapkan menjadi momentum untuk memperkuat kultur akademik berbasis refleksi dan evaluasi berkelanjutan di setiap program studi. Kegiatan ini ditutup dengan sesi foto bersama dan diskusi santai antar pengelola Pascasarjana. Nuansa kebersamaan dan semangat kolaboratif sangat terasa, menjadikan acara ini sebagai tonggak penting dalam sejarah pengembangan kurikulum Pascasarjana IAIN Ponorogo.