PRODI EKONOMI SYARIAH

VISI

Menjadi Program Studi yang Menghasilkan Magister Unggul dalam Pengembangan Kajian, Penelitian, dan Kelembagaan Ekonomi Makro-Mikro Syariah pada Tahun 2022

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran ekonomi syariah makro-mikro di tingkat magister;
  2. Mengembangkan kemampuan teoretis dan praktis dalam bidang ekonomi syariah makro-mikro yang berdimensi strategis dan bermanfaat luas;
  3. Mengembangkan kemampuan penelitian dalam bidang ekonomi syariah dengan pendekatan interdisipliner dan/atau multidisipliner;
  4. Mengembangkan dan mengimplementasikan keilmuan ekonomi makro-mikro syariah melalui pengabdian masyarakat dan kerja sama dengan stakeholder kelembagaan ekonomi syariah;
  5. Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka peningkatan dan pengembangan kajian dan kelembagaan ekonomi makro-mikro syariah, baik dalam maupun luar negeri

TUJUAN

  1. Terselenggaranya proses pendidikan dan pembelajaran ekonomi syariah makro-mikro yang berbasis pada kurikulum dan berorientasi pada kompetensi;
  2. Munculnya akademisi yang berkemampuan teoretis dan praktis dalam bidang ekonomi makro dan mikro syariah;
  3. Lahirnya para peneliti/konsultan dari kalangan mahasiswa dan alumni dalam bidang ekonomi syariah makro-mikro yang berpendekatan interdisipliner dan/atau multidisipliner;
  4. Lahirnya para ekonom/manajer dan pemberdaya ekonomi yang mampu mengimplementasikan keilmuan ekonomi syariah makro-mikro melalui pengabdian masyarakat dan kerja sama dengan stakeholders kelembagaan ekonomi syariah;
  5. Terjalinnya kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka peningkatan dan pengembangan kajian dan kelembagaan ekonomi syariah makro-mikro, baik dalam maupun luar negeri.

 

SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIAN

Sasaran dan strategi pencapaian Program Magister Prodi Ekonomi Syariah mengacu pada Rencana Strategis (Renstra) Pascasarjana IAIN Ponorogo tahun 2018-2022 yang sudah di-SK-kan oleh Direktur Pascasarjana Nomor:107/In.32.6/03/2018 tertanggal 1 Maret 2018 yang juga mengacu secara koheren dengan aturan dan dokumen di atasnya. Adapun tema pengembangan Prodi pada periode ini ialah pengembangan penguatan kelembagaan dan modernisasi pelayanan (capacity building and modernization). Sasaran dan strategi pengembangan yang dilakukan adalah sebagai berikut:

No Bidang Sasaran Strategi Pencapaian Indikator Tahun Pencapaian
2018 2019 2020 2021 2022
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10)
1. Pengembangan Program Studi dan Keilmuan Terakreditasinya Program Magister Prodi Ekonomi Syariah dengan target A setelah sebelumnya diperoleh nilai akreditasil B Optimalisasi manajerial, dokumentasi, Proses Belajar Mengajar (PBM), dan sumber daya (1) Terimplementas-ikannya aspek-aspek yang diharapkan sesuai dengan standar Sistem Penjaminan Mutu

(2) Tersedianya prosedur standar dalam bentuk dokumen/pedoman yang  selalu ditinjau ulang tiap tahun sesuai masukan yang ada

80%

 

 

 

 

 

100%

 

 

 

 

100%

 

 

 

 

 

100%

100%

 

 

 

 

 

100%

100%

 

 

 

 

 

100%

100%

 

 

 

 

 

100%

    Terwujudnya alumni Magister Ekonomi Syariah yang mampu menjadi akademisi dan praktisi dalam bidang ekonomi syariah Penataan kurikulum yang dinamis sesuai dengan tuntutan pengguna Sebanyak 100% alumni menjadi dosen dan manajer lembaga keuangan syariah setiap tahunnya 70%

 

 

 

 

 

 

80% 85% 90% 100%
    Terwujudnya alumni Magister Ekonomi Syariah yang dapat melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi (S.3) Penataan kurikulum yang dinamis sesuai dengan tuntuan lembaga pendidikan lanjutan Lahirnya alumni yang sudah bergelar Doktor dalam bidang ekonomi syariah 0% 0% 30% 50%

 

60%
    Bertambahnya tenaga Dosen S.3 (Doktor) Ekonomi Syariah yang kompeten dan profesional sesuai dengan kebutuhan bidang keilmuan Rekrutmen tenaga ASN, tenaga kontrak, DTNP, dan DLB (1) Setiap Dosen ikut berperan aktif dalam 2 kali seminar, pelatihan atau lokakarya minimal 2 kali dalam 1 tahun

(2) Setiap semester dilakukan evaluasi untuk kepuasan dosen, mahasiswa    dan pengguna lulusan

85%

 

 

 

 

100%

87%

 

 

 

 

100%

90%

 

 

 

 

100%

100%

 

 

 

 

100%

100%

 

 

 

 

100%

    Terwujudnya tenaga dosen yang memiliki jabatan Guru Besar Peningkatan kualitas penelitian dan penulisan jurnal internasional melalui program post-doktoral

 

Dikirimnya dosen untuk mengikuti program post doktoral secara bergantian per periodik 17% 34% 68% 100% 100%
    Tersedianya sarana dan prasarana pendidikan yang representatif Perencanaan tahunan dan lima tahunan Setiap tahun menambah/melengkapi sarana dan prasarana yang tersedia di lokasi kampus 70% 75% 80% 85% 90%
2. Peningkatan Kualitas Penyelenggaraan Pendidikan Penguatan program studi dan keilmuan (Capacity departement and scientific) Peningkatan status akreditasi program studi periode ke periode Penetapan status program studi unggulan di Pascasarjana IAIN Ponorogo 80% 100% 100% 100% 100%
    Pengembangan SDM akademik dan non akademik untuk menunjang penguatan program studi dan keilmuan Peningkatan SDM staf pengajar dan karyawan melalui pendidikan formal maupun nonformal Pengiriman SDM ke berbagai pelatihan dan pendiidikan formal dan non formal 50% 55% 70% 80% 90%
    Pengembangan sarana, prasarana, dan infrastuktur yang mendukung untuk menunjang penguatan program studi dan keilmuan Memberikan masukan kepada pimpinan tentang pentingnya sarana prasarana melalui pengadaan dan proyek untuk akademik Prodi (1) akses internet cepat, mudah, dan tanpa batas

 (2) jumlah koleksi perpustakaan meningkat dan terbaru

(3) gedung perkuliahan memadai

90%

 

80%

 

 

90%

100%

 

90%

 

 

100%

100%

 

95%

 

 

100%

100%

 

100%

 

 

100%

100%

 

100%

 

 

100%

    Penguatan tata kelola dan sistem informasi satu atap berbasis teknologi komputer Mentradisikan dan memastikan setiap kegiatan administrasi dan persuratan bersifat compunterized dan internet akses (online). (1) adanya pusat informasi yang mengakomodir semua data-data,

(2) unit/bagian layanan berbasis Information and Communication Technology (ICT), dan

(3) adanya kerjasama dengan pihak luar untuk penguatan tata kelola berbasis ICT, terutama dari pihak swasta

 

100%

 

 

 

90%

 

 

 

90%

100%

 

 

 

100%

 

 

 

100%

100%

 

 

 

100%

 

 

 

100%

100%

 

 

 

100%

 

 

 

100%

100%

 

 

 

100%

 

 

 

100%

    Pembuatan dan penyempurnaan naskah/peraturan akademik, kurikulum pembelajaran, manajemen penyelenggaran untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dan bermanfaat bagi masyarakat Mengadakan workshop penguatan institusi dan berbagai pelatihan tata administrasi, penyusunan kurikulum, dan penguatan manajemen (1)   adanya kumpulan Standard Operating Procedure (SOP) penyelenggaraan akademik dan silabus, SAP (Satuan Acara Pembelajaran), silabus, dan RPS (Rencana Pembelajaran Semester), bahan ajar, dan media pembelajaran yang relevan;

(2)   masa studi efektif mahasiswa 2–2,5 tahun;

(3)   keterpakaian outcomes di masyarakat

(4)   adanya keterlibatan alumni dan stakeholders.

100%

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

85%

 

 

80%

 

 

100%

100%

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

100%

 

 

90%

 

 

100%

100%

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

100%

 

 

100%

 

 

100%

100%

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

100%

 

 

100%

 

 

100%

100%

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

100%

 

 

100%

 

 

100%

3. Penguatan Kelembagaan Penguatan kelembagaan adalah peningkatan pencitraan publik (brand image) Program Magister Prodi Ekonomi Syariah Pascasarjana IAIN Ponorogo Pelaksanaan Sosialisasi melalui berbagai media dan pelayanan akademik secara prima terhadap mahasiswa dan masyarakat, dan pemberian beasiswa institusi (1) promosi melalui berbagai media baik dalam even tertentu atau setiap tahun penerimaan mahasiswa baru

(2) Pelayanan dengan standar kecepatan waktu dan pelayanan prima berdasar kualitas

(3) Pemberian beasiswa bidik misi pada sarjana, beasiswa miskin, dan beasiswa mahasiswa aktif. Sedang pada mahasiswa S2 dalam proses diusahakan

100%

 

 

 

 

90%

 

 

 

100%

 

100%

 

 

 

 

100%

 

 

 

100%

 

100%

 

 

 

 

100%

 

 

 

100%

100%

 

 

 

 

100%

 

 

 

100%

 

100%

 

 

 

 

100%

 

 

 

100%

    Peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Mendorong dosen dan LPPM untuk terus meneliti dan menyediakan proyek penelitian, pengabdian, dan penerbitan untuk setiap dosen, baik untuk di IAIN dan di pusat (1) adanya publikasi hasil penelitian dan hasil pemikiran  dalam bentuk artikel di jurnal-jurnal ilmiah nasional dan internasional terkareditasi;

(2) terpakainya hasil penelitian dosen dan mahasiswa oleh masyarakat

(3) bermanfaatnya kegiatan pengabdian dosen dan mahasiswa oleh masyarakat

20%

 

 

 

 

 

 

50%

 

 

 

100%

50%

 

 

 

 

 

 

60%

 

 

 

100%

100%

 

 

 

 

 

 

70%

 

 

 

100%

100%

 

 

 

 

 

 

80%

 

 

 

100%

100%

 

 

 

 

 

 

90%

 

 

 

100%

    Peningkatan efektifitas pelayanan Menyediakan media online dan komputer untuk percepatan pelayanan dan pengaturannnya melalui SOP tertempel (1) akses pelayanan cepat, mudah dan bermanfaat, dan

(2) adanya Standard Operating System (SOP)

90%

 

 

100%

95%

 

 

100%

100%

 

 

100%

100%

 

 

100%

 

100%

 

 

100%

    Peningkatan kerjasama dengan pihak-pihak eksternal, seperti pemerintah daerah, swasta nasional, dan asing Menumpukan penguatan difokuskan pada kerjasama pengiriman peserta, narasumber, seminar, dan pelatihan (1) Bertambahnya kuantitas dan kualitas kerjasama dalam negeri,

(2) Bertambahnya kuantitas dan kualitas kerjasama luar negeri

80%

 

 

 

70%

 

90%

 

 

 

80%

100%

 

 

 

90%

100%

 

 

 

95%

100%

 

 

 

100%

4. Penguatan Organisasi Peningkatan layanan dukungan terhadap penyelenggaraan akademik (academic system) Program Magister Ekonomi Syariah Pascasarjana IAIN Ponorogo Meningkatkan manajemen administrasi dan struktur organisasi (1) akses layanan cepat, mudah, dan bermanfaat, dan

(2) adanya Standard Operating Procedure (SOP) tentang pelayanan admininistrasi

90%

 

 

100%

95%

 

 

100%

100%

 

 

100%

100%

 

 

100%

 

100%

 

 

100%

    Peningkatan SDM staf pengajar dan karyawan, baik secara kuantitatif maupun kualitatif Mengadakan perekrutan dosen dan karyawan secara kelembagaan maupun secara terpusat (1) pada tahun 2020 saat itu, semua staf pengajar telah berpendidikan S3 dan (2) semua karyawan berpendidikan minimal S1 dan kini telah meningkat ke taraf S2 90%

 

 

 

75%

95%

 

 

 

80%

100%

 

 

 

90%

100%

 

 

 

100%

100%

 

 

 

100%

    Penguatan sistem penjaminan mutu akademik Penguatan tim penjamin mutu dan kinerjanya melalui penempatan staf di setiap lembaga penjaminan mutu dan gugus mutu untuk mendorong maksimalisasi dokumen mutu dan realisasi mutu Adanya pengendalian mutu akademik yang ditopang dengan dokumen/naskah penjaminan mutu yang komprehensif 90% 100% 100% 100% 100%
    Peningkatan aktifitas dan kreatifitas mahasiswa Mengutus mahasiswa ke berbagai even lomba atau menginformasikan kepada mereka untuk turut aktif dengan suport dari kampus Adanya prestasi mahasiswa dalam menyelenggarakan dan mengikuti kegiatan di dalam dan di luar kampus di tingkat regional maupun nasional, baik dalam bidang ilmiah, research, seni, dan olah raga 70% 80% 90% 100% 100%
5 Penguatan Kerjasama Peningkatan aspek kerjasama pendidikan dan pengajaran Mendatangkan praktisi yang sudah terjalin kerjasama untuk memberi wawasan ekonomi dalam tataran praktis dan atau dosen tamu Adanya dosen praktisi dan dosen tamu dalam setiap semesternya 90% 90% 100% 100% 100%
    Peningkatan aspek kerjasama dalam bidang penelitian Menjalin kerjasama untuk mendapatkan grand penelitian dari berbagai instansi Adanya penelitian dengan pendanaan dari dosen dengan dana dari Pemda Ponorogo dan Baznas yang diperoleh oleh dosen dan mahasiswa 90%

 

100% 100% 100% 100%
    Peningkatan aspek kerjasama dalam bidang pengabdian masyarakat Menjalin kerjasama untuk pelaksanaan KPM dalam bentuk metodologi atau pendekatan pengabdian, yaitu ABCD (Asset Based on Community Development) Dilaksanakannya Workshop metodologi ABCD dan pelaksanaan KPM berbasis ABCD 100% 100% 100% 100% 100%