Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Sikap
S1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
S3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
S4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
S5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
S6 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
S7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
S8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
S9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
S10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
Pengetahuan
P1 Mengembangkan teori-teori Pendidikan Agama Islam yang terintegrasidengan keilmuan lain;
P2 Mengembangkan konsep Pendidikan Agama Islam sebagai bagian daristudi islam komprehensif;
P3 Menguasai teori, pendekatan, ragam dan penilaian pembelajaran agama Islam melalui pendekatan inter dan multidisiplin;
P4 Mengembangkan kemampuan memecahkan masalah pendidikan agama Islam secara logis, kritis, inovatif dan kreatif, baik masalah internal maupun eksternal
P5 Menguasai teori pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis ICT;
P6 Menguasai teori dan aplikasinya dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam;
P7 Menguasai teori dan aplikasi penelitian Pendidikan Agama Islam melalui pendekatan inter dan multidisipilin.
Kompetensi Umum
KU1 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis yang dipublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah yang terakreditasi;
KU2 Melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
KU3 Menyusun ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
KU4 Mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memosisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan inter atau multi disipliner;
KU5 Mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian,analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
KU6 Mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
KU7 Meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;
KU8 Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
Kompetensi Khusus
KK1 Mengembangkan kurikulum Pendidikan Agama Islam sesuai teoripengembangan kurikulum;
KK2 Mengembangkan perangkat dan desain pembelajaran PendidikanAgama Islam secara baik dan tepat;
KK3 Mengembangkan media, alat dan bahan ajar pembelajaranPendidikan Agama Islam berbasis ICT;
KK4 Memetakan dan mengembangkan potensi keagamaan peserta didikyang positif dalam kehidupan nyata;
KK5 Mendesain penilaian pembelajaran Pendidikan Agama Islam secaratepat;
KK6 Melaksanakan penelitian ilmiah dalam bidang Pendidikan AgamaIslam dan mempublikasikannya dalam jurnal nasional terakreditasi;