Giatkan Publikasi Mahasiswa, Pascasarjana IAIN Ponorogo Gelar Seminar Buku Antologi Keislaman

Pascasarjana IAIN Ponorogo meningkatkan literasi dan publikasi mahasiswa dengan menggelar Seminar Buku Antologi Keislaman pada Rabu, 23 Maret 2022. Kegiatan ini merupakan publikasi penelitian mahasiswa pascasarjana IAIN Ponorogo. Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Dr. Muftahul Huda, M.Ag. selaku Direktur Pascasarjana. Hadir dalam kegiatan seminar ini mahasiswa pascasarjana dari empat jurusan Ekonomi Syariah, Manajemen Pendidikan Islam, Hukum Keluarga Islam dan Pendidikan Bahasa Arab.

Pengantar disampaikan oleh Dr. Sugiyar, M.Pd.I. yang memaparkan tentang teknis penelitian dan penyusunan artikel penelitian. Pada sesi inti disampaikan pemaparan oleh presenter Yahya Muqorobin, M.E. yang mempresentasikan tentang Analisis Faktor-Faktor Eksternal yang mempengaruhi Non Performing Finance (NPF) pada Bank Umum Syariah Periode 2009 Q1-2019 Q4.  Muhammad Syauqhy Radjfi yang mempresentasikan artikel tentang Manajemen Program Pendidikan Entrepreneurship dalam Meningkatkan Mutu Lulusan: Studi Kasus di Universitas Darussalam Gontor dan Ika yang mempresentasikan tentang Pengembangan Bahan Ajar Insya’ untuk Siswa Kelas 8 MTs Al Islam, penelitian ini menggunakan Metode R&D dan menghasilkan Buku Ajar Insya’ untuk pegangan siswa.

Pada sesi paparan terakhir diberikan  penguatan oleh Bapak Zahrul Fata, Ph.D., bahwa nyawa dari sebuah karya tulis ilmiah berupa artikel, tesis maupun disertasi adalah pendahuluan dan ruh dari sebuah pendahuluan terdapat pada masalah yang diteliti. Masalah adalah gap antara teori dan fenomena di lapangan. Selain itu, jangan sampai peneliti hanya asal menulis artikel atau tesis, tanpa menganalisis dengan kritis dan tepat, supaya apa yang ditulis bermanfaat bagi orang lain. Kegiatan seminar buku ini diharapkan memotivasi mahasiswa dalam penyelesaian tugas akhir tesis dan publikasi artikel penelitian, baik dalam bentuk jurnal, prosiding atau buku antologi. (ed.riz&nn)