Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Visitasi Akreditasi LAMEMBA Magister Ekonomi Syariah

Ponorogo, 22 – 23 April 2024 – Pascasarjana IAIN Ponorogo menerima kunjungan asesmen lapangan dari LAMEMBA (Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi). Tim Asesor yang hadir pada kesempatan ini adalah Prof. Dr. Euis Amalia, M.Ag. dan Prof. Dr. Hadi Sasana, SE., M.Si. Kegiatan asesmen diawali dengan Pembukaan bertempat di Aula Pascasarjana IAIN Ponorogo lantai 3.

Kunjungan tim asesor LAMEMBA tersebut, diterima secara langsung oleh Rektor Institut Agama Islam Negeri Ponorogo beserta jajarannya. LAMEMBA merupakan Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi yang bertugas untuk melakukan proses Akreditasi untuk Program Studi di Bidang Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, yang diprakasai oleh Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), dan Asosiasi Fakultas Ekonomi, dan Bisnis Indonesia (AFEBI).

Pada sambutannya, Prof. Dr. Evi Muafiah, M.Ag. menyampaikan harapannya kepada asesor untuk dapat memberikan pencerahan, sharing maupun dukungan ilmu terutama untuk kemajuan pendidikan, mengingat bahwa adanya rencana akreditasi perguruan tinggi menuju unggul, sehingga membawa manfaat sekaligus berkah bagi pendidikan di Indonesia, ujarnya.

Pada sesi sambutan selanjutnya, Prof. Dr. Hadi Sasana, SE., M.Si. menyampaikan bahwa adanya akreditasi ialah agar kualitas tri dharma semakin baik, yang mana selain adanya kewajiban Audit Mudu Internal oleh LPM dan GKM, untuk di lingkup esternal ada LAMEMBA dan BAN-PT. Adapun pada kesempatan visitasi ini, asesor menjalankan tugasnya untuk tujuan verifikasi data dan evaluasi antara boring yang disubmit dengan kondisi di lapangan untuk menhasilkan berita acara dan rekomendasi untuk Program Studi sehingga dapat bersama-sama untuk membangun peradaban masyarakat.

Pada sambutannya, Prof. Dr. Euis Amalia, M.Ag. menyampaikan mengenai pentingnya internasionalisasi untuk diwujudkan melalui visi misi maupun kurikulum, serta kegiatan benchmarking. Selain itu, disampaikan pula bahwa hasil kegiatan penelitian maupun pengabdian diharapkan tidak hanya berupa laporan atau output, melainkan juga outcome misalnya dalam bentuk publikasi artikel bereputasi baik nasional maupun internasional.

Setelah acara pembukaan selesai, kegiatan dilanjutkan dengan verifikasi Program Pascasarjana maupun Program Studi Ekonomi Syariah kemudian wawancara baik dari unsur dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa aktif, alumni maupun stakeholder serta kunjungan ke perpustakaan dan laboratorium penunjang akademik.

Pada rangkaian acara penutup, Rektor IAIN Ponorogo mengucapkan ucapan terima kasih kepada seluruh tim akreditasi, civitas akademik dan stakeholder atas terselenggaranya kegiatan pada hari ini. Semoga semakin tahun semakin meningkat kualitas kinerjanya, sehingga layanan kepada stakeholder lebih baik lagi, imbuhnya.

Berita Terkait