Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Rapat Dosen & Sosialisasi VMTS Pascasarjana dan Program Studi Diagendakan Jelang Perkuliahan Semester Gasal Tahun Akademik 2023/2024

Ponorogo, 18 Agustus 2023 – Pascasarjana IAIN Ponorogo menggelar kegiatan rapat dosen & sosialisasi VMTS Pascasarjana dan program studi sebagai persiapan menjelang perkuliahan semester gasal tahun akademik 2023/2024. Kegiatan bertempat di aula Pascasarjana IAIN Ponorogo ini dihadiri oleh segenap dosen pengampu mata kuliah.

Pada sesi pembukaan, Direktur Pascasarjana Dr. Muh. Tasrif, M.Ag. menyampaikan apresiasi terkait pelaksanaan perkuliahan dan hasil pendaftaran mahasiswa baru yang mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Beliau juga menyampaikan bahwasannya pelaksanaan perkuliahan berbasis output dapat ditingkatkan kedepannya, yang mana pada semester genap tahun 2022, terdapat terbitan sejumlah 21 artikel. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran diharapkan mahasiswa memiliki publiksi baik di jurnal nasional ataupun di jurnal nasional terakreditasi. Selain itu Direktur Pascasarjana juga menyampaikan bahwa pada tahun 2023 ini diharapkan terdapat peningkatan hasil output berbasis penelitian dengan didukung oleh bantuan dana penelitian dari Institut melalui Pascasarjana. Adapun mengenai rekognisi dosen, telah terselenggara seminar nasional maupun seminar internasional daring antara Pascasarjana dengan Malaysia.


Demi peningkatan kualitas dan pengakuan kelayakan program studi, Pascasarjana IAIN Ponorogo juga mendukung terselenggaranya Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi khususnya untuk Program Studi Pendidikan Bahasa Arab dan Hukum Keluarga Islam dan juga mempersiapkan akreditasi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam dan Ekonomi Syariah serta usulan akreditasi baru Prodi Pendidikan Agama Islam. Maka dari itu, seluruh stakeholder Pascasarjana IAIN Ponorogo diharapkan dapat mendukung kesuksesan proses akreditasi tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Direktur juga menyampaikan beberapa poin hasil evaluasi capaian kinerja dosen, dan himbauan diantaranya yaitu: hasil pendataan yang dilakukan oleh Gugus Kendali Mutu Pascasarjana menunjukkan bahwa sebagian kecil dari penelitian yang dilakukan oleh dosen sudah sesuai dengan mata kuliah yang ditawarkan Prodi dan sebagian besar masih belum sesuai. Oleh karena itu, dosen Pascasarjana dihimbau untuk mengintegrasikan Penelitian atau PkM yang dilakukan dengan mata kuliah yang diampu atau yang ditawarkan pada podi untuk memperkaya bahan kajian pada mata kuliah.

Selain itu, Direktur Pascasarjana juga menyampaikan bahwa sebagian besar dari penelitian dan Pengabdian yang dilakukan oleh dosen belum melibatkan mahasiswa Pascasarjana, untuk itu Direktur Pascasarjana menghimbau bagi seluruh dosen Pascasarjana yang belum melibatkan mahasiswa dalam penelitian, diharapkan pada tahun berikutnya dapat melibatkan mahasiswa sebagai asistensi dalam penelitian.
Kemudian untuk meningkatkan jumlah lulusan, direktur Pascasarjana menghimbau pada Dosen Pembimbing untuk lebih proaktif kepada mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir, dan bagi Dosen Pembimbing Akademik untuk memantau lama masa studi mahasiswa.

Kemudian, pada sesi penyampaian oleh Kasubag Akademik, Suyud, S.Kom menjelaskan mengenai sosialisasi kalender akademik pada semester gasal tahun akademik 2023/2024. Beliau menjelaskan bahwa perkuliahan dapat dilaksanakan secara blended, baik luring dan daring, dengan proporsi pertemuan daring tidak lebih dari 4 pertemuan. Selain itu, perkuliahan tidak hanya ditujukan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa, namun juga menghasilkan output dan outcome perkuliahan mahasiswa berupa proposal penelitian/Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), laporan penelitian, artikel prosiding terpublikasi, artikel jurnal terpublikasi, maupun produk teknologi terapan. Adapun output/outcome perkuliahan tersebut dapat dihasilkan melalui kegiatan tatap muka dan tugas tersturktur dalam proses perkuliahan.

Sehubungan adanya rapat dosen, evaluasi perkuliahan serta sosialisasi VMTS program studi di Pascasarjana ini semoga kegiatan perkuliahan di semester gasal tahun akademik 2023/2024 ini dapat berjalan dengan lancar.

 

 

 

Berita Terkait