Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Pendampingan Finalisasi Dokumen Laporan Evaluasi Diri Akreditasi Program Studi Ekonomi Syariah, Manajemen Pendidikan Islam dan Pendidikan Agama Islam

Sarangan, 13-15 Oktober 2023 – Pascasarjana IAIN Ponorogo bekerja sama dengan Perkumpulan Manajer Pendidikan Islam Indonesia (Perma Pendis) menyelenggarakan kegiatan bertajuk Pendampingan Finalisasi Dokumen Laporan Evaluasi Diri Akreditasi tiga Prodi di lingkup Pascasarjana. Ketiga Prodi tersebut adalah Magister Manajemen Pendidikan Islam, Ekonomi Syariah dan Pendidikan Agama Islam.

Pada sambutannya, Direktur Pascasarjana Dr. Muh. Tasrif, M.Ag menyampaikan bahwa kegiatan ini penting untuk mendukung cita-cita bersama proses akreditasi sehingga baik dan lancar. Beberapa prodi yang menyusun dokumen pendukung akreditasi, mempunyai tenggat waktu pengumpulan masing-masing. Program studi PAI yang notabene merupakan prodi baru yang mulai terbentuk pada tahun 2022 sedang menyusun akreditasi pertamanya, sehingga menyiapkan dokumen TS1 dan segera submit borang. Adapun program studi Ekonomi Syariah, mempunyai masa habis akreditasi pada April 2024, sehingga perlu segera menyiapkan submit borang, sedianya 6 bulan sebelum habis masa akreditasi tersebut. Selain itu, program studi MPI mempunyai batas akreditasi hingga 2 Juli 2024. Untuk itu, ketiga prodi tersebut perlu mempersiapkan momentum pengajuan akreditasi dengan sebaik-baiknya.

Guna mendukung persiapan menyambut akreditasi tersebut, kegiatan bertajuk Pendampingan Finalisasi Dokumen Laporan Evaluasi Diri (LED). Penyelenggaraan kegiatan ini bertujuan menghadirkan pemateri sebagai narasumber dan mentor untuk mendampingi kaprodi dan tim dalam menyusun akreditasi LAMDIK maupun LAMEMBA berupa penyusunan DKPS, LKPS, LED, DAN DED.

Harapannya, melalui kegiatan ini, narasumber dapat membimbing secara detail per kriteria, hal yg harus masuk pada DED dan LED sehingga tersusun dengan baik untuk bisa disubmit dan menghasilkan akreditasi yang akan disandang berikutnya, mudah-mudahan bisa bertahan atau meningkat peringkat akreditasinya.

Melalui pelibatan baik dosen, mahasiswa dan pengelola penyusun borang, pada kesempatan ini diperlukan penyamaan persepsi untuk menghadirkan bukti yang cukup untuk keperluan akreditasi. Forum ini juga diharapkan sebagai langkah persiapan sebagai upaya menjaga eksistensi Pascasarjana, untuk meningkatkan penyelenggaraan kualitas sehingga semakin baik dan maju.

Menghadirkan tiga profesional pendamping dari tim Perma Pendis yaitu Prof. Dr. H. Badruddin, M.Ag., CIIQA, CEAM, Prof. Dr. Hj. Aan Komariah, M.Pd. dan Dr. Zainal Arifin. Kegiatan ini juga menjembatani adanya kemitraan dengan asosiasi, yang mana baik itu asosiasi berkaitan dengan keilmuan prodi, dewan kehormatan, dewan pakar, dan lainnya merupakan hal yang penting. Dalam hal ini, Perma Pendis merupakan salah satu asosiasi tempat perhimpunan antar lembaga pendidikan islam, para rektor, dekan, direktur, kaprodi bahkan dari segi pendidikan non formal, seperti Diniyah, Pesantren dll. Melalui berbagai pengalaman yang telah dimiliki narasumber, Pascasarjana dapat memperoleh best practice dalam mendukung penyiapan areditasi. Prof. Dr. H. Badruddin, M.Ag., CIIQA, CEAM menyoroti pentingnya mendokumentasikan kegiatan, baik prodi maupun Pascasarjana, disamping itu Prof. Dr. Hj. Aan Komariah, M.Pd., CIQaR menambahkan diperlukan peningkatan output berupa riset dengan kolaborasi mahasiswa secara terintegrasi dengan penelitian, perkuliahan, pembelajaran maupun pengabdian berbasis artikel.

 

Berita Terkait