Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Asesmen Lapangan Pemantauan Evaluasi Peringkat Akreditasi Pendidikan Bahasa Arab Pascasarjana IAIN Ponorogo

Ponorogo, 2 – 4 November 2023 – Prodi Magister Pendidikan Bahasa Arab Pascasarjana IAIN Ponorogo telah menjalankan proses Asesmen Lapangan Pemantauan Evaluasi Peringkat Akreditasi. Bertempat di aula Pascasarjana, tim asesor BAN-PT yakni Prof. Dr. Abdul Munip, M.Ag dari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, dan Dr. Akhyar Hanif, M.Ag dari Universitas Islam Negeri Batusangkar hadir pada kesempatan asesmen kali ini. Kegiatan asesmen ini juga dihadiri oleh sejumlah unsur pimpinan, dosen, tendik, alumni, user dan mitra.

Pada sesi pembukaan, Rektor IAIN Ponorogo Dr. Evi Muafiah, M.Ag menyampaikan harapan besarnya melalui kegiatan Asesmen Lapangan ini. “Kegiatan ini merupakan hal yang sangat dinanti sebagai syarat akreditasi agar bisa menjadi unggul dan dapat melaksanakan pembelajaran sebagaimana mestinya.” ungkap Rektor IAIN Ponorogo. Oleh karena itu, beliau mengharapkan bimbingan, arahan dan masukan para asesor agar prodi PBA dapat menjadi prodi yang unggul dan sesuai dengan ketentuan BAN PT.

Di sesi sambutan selanjutnya, Prof. Dr. Abdul Munip, M.Ag, menyatakan bahwa kedatangan asesor dalam rangka menjalankan misi untuk mengupgrade prodi PBA dan mengkonfirmasi data-data yang ada. “kehadiran kami sebenarnya untuk melakukan verifikasi, sehingga terdapat keputusan selanjutnya untuk diterbitkan sertifikat akreditasi program studi”, ungkapnya.

Dr. Akhyar Hanif, M.Ag kemudian juga memberikan perspektif mengenai harapannya secara umum mengenai prodi PBA. “Bahwasannya Prodi PBA semoga menjadi tuan rumah PTKIN dan semakin menambah Guru Besarnya. Bahasa Arab memang tidak otentik dengan Islam, namun Islam tidak bisa dipisahkan dari bahasa Arab, oleh karena itu perlu untuk membesarkan prodi PBA.” tutup beliau.

Konfirmasi data – data kemudian dilakukan oleh masing-masing asesor, berkaitan dengan pihak terkait secara lengkap, baik dari unsur dosen, tendik, alumni, user dan mitra serta pengecekan bukti lainnya.

Di sesi penutupan, asesor memberikan catatan perbaikan dan saran membangun, bahwasannya diperlukan peninjauan visi misi, peningkatan produktivitas berbasis riset, konferensi maupun pengabdian, pembinaan prestasi akademik, penguatan keterlibatan alumni serta perbaikan layanan akademik. Selanjutnya, kegiatan ditutup dengan penyerahan berita acara kegiatan.

 

 

Berita Terkait